Header_blogger

June 18, 2005

Sang Alkemis

Judul : Sang Alkemis
Judul asli : O Alquimista (The Alchemist)
Pengarang : Paulo Coelho
ISBN : 979-95821-4-8
Penerbit : Pustaka Alvabet

Sang Alkemis bertutur tentang pencarian jati diri dan pemenuhan angan-angan berdasarkan suara hati seorang bocah. Santiago seorang bocah dari pegunungan andalusia spanyol mengejar mimpinya sampai ke piramid mesir dan menemukan kekasih hatinya di suatu oasis di tengah sahara.

Berkali ia mencoba untuk kembali ke "comfort zone" tetapi kekuatan jiwanya dan hasrat untuk mencari kebahagiannya dengan bantuan sang alkemis membuatnya berhasil mewujudkan impian tersebut.

Paulo Coelho berhasil meracik suatu cerita sederhana tapi bermakna sangat dalam dan menjadikan sang alkemis suatu cermin bagi kita semua yang hidup demi mencari arti kebahagian kita masing-masing.

Catatan kaki:
Kata-katanya mengalir seperti puisi. Puisi tentang keindahan pegunungan andalusia, teduhnya oasis bahkan ganasnya sahara. Inti ceritanya cukup sederhana tapi kandungan filosofisnya cukup tinggi, bagi saya sendiri buku ini bagai cermin yang membuat saya berpikir apakah kita hidup saat ini hanya untuk mengejar kebahagiaan yang diciptakan untuk kita oleh orang-orang disekeliling kita... atau kita berusaha mencari kebahagiaan yang kita ciptakan sendiri dan kita usahakan sendiri tanpa perlu takut akan suatu kegagalan. Buku ini memberi sentuhan kimiawi tersendiri bagi anda yang merasa ada dalam "comfort zone" (trims buat Yola yg memberi saya kata-kata tersebut) tapi berusaha "keluar" untuk menemukan arti kehidupan dan kesuksesan itu sendiri yang berujung kepada kebahagiaan.

rating

1 Comments:

At 12/5/08 11:11, Blogger deshi yin said...

hmm , alkemisnya Paulo Coelho ya , denger2 cerita ini adaptasi dari novelnya Jalaludin Rumi yang ditulis pada tahun 1260 and 1273 , judulnya "In Baghdad, Dreaming of Cairo: In Cairo, Dreaming of Baghdad". katanya ceritanya hampir2 mirip gitu

 

Post a Comment

<< Home