Header_blogger

October 23, 2008

The Alchemyst - The secret of the immortal Nicholas Flamel


Judul : The Alchemyst
Judul asli : The Alchemyst - The secrets of the immortal Nicholas Flamel
Pengarang : Michael Scott
ISBN : 979-1141-22-3
Penerbit : Matahati

Josh dan Sophie, dua orang remaja saudara kembar yang mengalami perubahan kehidupan mereka dari yang "biasa-biasa" saja menjadi luarbiasa dalam waktu satu hari. Petualangan mereka sebenarnya dimulai ketika Josh menerima tawaran kerja pada liburan musim panasnya dengan menjadi pegawai sebuah toko buku kecil milik Nick dan Perry Fleming.

Nick Fleming yang tak lain adalah seorang alchemist termasyhur dan manusia abadi yaitu Nicholas Flamel dan istrinya Perenelle. Flamel memiliki kemampuan untuk merubah logam biasa menjadi emas dan batubara menjadi berlian, ia juga memiliki kemampuan sihir terbatas. Sedangkan istrinya, Perenelle, memiliki kemampuan sihir yang lebih baik dari suaminya. Satu hal yang paling penting adalah ia bisa membuat ramuan hidup abadi yang membuat ia dan istrinya bisa hidup sampai 600 tahun.

Misteri kemampuan itu ada pada buku bernama Codex, ciptaan Abraham Sang Magus. Buku ini telah berusia 10 ribu tahun. BUku yang ditulis ketika Ras Elder (Tetua) menguasai bumi sebelum manusia kemudian memegang kendali. Ras tetua sampai saat ini masih ada di bumi tetapi dalam persembunyian atau alam bayangan.

Codex menjadi incaran seorang alchemist jahat bernama John Dee yang menjadi kaki tangan kumpulan tetua gelap yang menginginkan kembalinya masa kejayaan mereka di bumi.

Buku ini bercerita seputar pengejaran John Dee dibantu oleh Morrigan dan Bastet (para tetua gelap) untuk merebut sisa lembaran Codex yang terbawa oleh Josh. Di lain pihak, Nicholas yang telah membaca Codex, mengetahui satu rahasia lagi yang membawa takdir si kembar untuk menyelamatkan bumi akan menjadi kenyataan. Tetapi bagaimana mungkin dua remaja biasa bisa menjadi penyelamat bumi di tengah pertempuran sihir melawan kekuatan gelap yang pernah menguasai bumi?

Untuk itulah Nicholas meminta bantuan dari Scatatch, Hakate dan Penyihir dari Endor untuk membangkitkan kekuatan sihir terpendam dalam diri si kembar. Akankah mereka sukses menyelamatkan Perenelle yang ditawan John Dee, sekaligus membawa kembali Codex yg telah direbut oleh John Dee?

Catatan kaki:
Kisah di buku ini mengalir dengan cepat, dengan bumbu sihir dan kekuatan gaib. Sejarah bangsa-bangsa besar di dunia lama juga menjadi daya tarik tersendiri. Tapi yang membuatnya lebih menarik adalah legenda dibalik buku ini yaitu mengenai Nicholas Flamel, seorang alchemist yang memang pernah hidup di Perancis pada abad ke-14. Seorang pencuri pernah memasuki rumahnya untuk mencari emas yang bersejarah dan menggali kuburnya, tetapi ia tidak menemukan tubuh Nicholas Flamel. Sisanya masih menjadi misteri hingga saat ini. Sejarah Nicholas Flamel dan John Dee dapat dicari di wikipedia.org karena mereka memang karakter asli bukan fiksi.

Michael Scott dengan lincah meramu fiksi dan fakta sejarah menjadi sebuah buku yang menarik. Sehingga pada akhirnya saya bertanya sendiri, apakah memang dulu ada suatu Ras makhluk setengah dewa yang dipuja di berbagai kebudayaan kuno dunia? mesir, cina, sumeria adalah sebagian yang memiliki legenda tentang makhluk-makhluk demikian. contohnya Anubis, dewa berbadan manusia dan berkepala anjing dari mesir, juga Bastet, dewa berbadan manusia berkepala kucing. Rasanya sudah tidak sabar menunggu lanjutan kisahnya di The Magician.

rating 4 STARS

0 Comments:

Post a Comment

<< Home